Selamat Hari Kesehatan Dunia 2017!

04/07/2017

Selain sehat secara jasmani, apakah secara rohani kamu juga sehat? #WorldHealthDay2017 

Hari Kesehatan Dunia atau World Health Day yang diperingati masyarakat dunia tanggal 7 April setiap tahunnya. Pada awalnya, setiap tanggal 7 April hanya untuk memperingati tanggal berdirinya World Health Organization (WHO). Kemudian, setiap tanggal 7 April digunakan sebagai momentum untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap masalah kesehatan prioritas secara global.

Untuk tahun ini, WHO mengambil tema "Depression: Let's Talk" atau secara nasional disebut "Depresi: Yuk Curhat!"

Buat yang merasa depresi hanya sebagai bentuk stress biasa, kamu salah. Depresi merupakan gangguan mental serius, biasanya ditandai oleh rasa cemas atau sedih yang berkelanjutan dan bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Mengapa 'depresi' perlu mendapat perhatian dan menjadi prioritas global?

Menurut WHO, lebih dari 300 juta orang didunia berjuang melawan depresi. Di Indonesia sendiri, 4% dari total populasi mengalami depresi (Kemenkes, 2016). Perlu kita ketahui bahwa depresi tidak mengenal usia, pekerjaan, atau jenis kelamin. Jadi, pastikan Sahabat YCI sehat secara jasmani dan rohani ya 😉

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Dunia dan meningkatkan pemahaman anak muda tentang 'depresi', YCI akan mendedikasikan bulan April untuk membahas secara mendalam tentang 'depresi'. Mulai dari gejala, penyebab, dan usaha agar terhindar dari 'depresi'.

Jadi, selain kamu mendapatkan gambaran untuk terhindar dari bahaya depresi, kamu juga bisa membantu orang-orang di sekitar kamu yang mengalami depresi. Sehat jasmani bisa dilihat secara fisiologis, namun lain halnya dengan rohani. Depresi, Yuk Curhat!

#SiapBerkontribusi bersama YCI untuk perubahan positif?

Ditulis oleh: Ratna Sudaryo