TASINI: Kantong Belanja Ramah Lingkungan Anti Lupa

06/30/2017

Sudah pernah mendengar tentang besarnya angka penggunaan kantong plastik di Indonesia? Sudah sadar akan bahaya kantong plastik untuk lingkungan hidup? Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar topik-topik itu. Atau bahkan pernah melihat kumpulan foto mulai dari penyu terjerat sampah plastik, plastik ditemukan di perut ikan, hingga bangkai burung yang di dalam perutnya ditemukan sampah plastik. Kita juga pasti sudah mengetahui kampanye hentikan penggunaan dan kantong plastik dan mulai gunakan re-usable bag untuk berbelanja. Tapi, masih sering lupa bawa re-usable bag, kan? Jadi, seberapa sering kita masih berbelanja dan meminta kantong plastik

Tim "Making Oceans Plastic Free" yang beranggotakan 4 pemuda Indonesia dan Jerman memiliki satu visi besar untuk mewariskan hadiah berupa lautan yang bersih dan terjaga pada generasi selanjutnya. Lia, Roger, Pari, dan Adit bekerja sama dengan "Bye Bye Plastic Bags" yang diinisiasi oleh Melati dan Isabella di Bali untuk mewujudkannya. Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia untuk ekosistem laut. Menghilangkan kebiasaan penggunaan kantong plastik akan berdampak besar untuk visi lautan yang bersih.

Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia untuk ekosistem laut. 

Ide praktisnya adalah bagaimana mengatasi lupa bawa tas belanja dari rumah sehingga tidak perlu menggunakan kantong plastik. Mereka menawarkan Tasini, produk reusable bag, yang membuat kita tidak ada alasan lupa untuk membawanya. Tasini adalah reusable bag yang dapat dilipat dan dikemas dalam bentuk gantungan kunci. Gantungkan kunci kamar, kunci rumah, atau kunci kendaraanmu di gantungan Tasini, maka kamu tidak mungkin lupa membawa reusable bag jika belanja ke manapun.

Gantungan kunci Tasini hadir dalam bentuk hewan-hewan laut yang lucu. Selain untuk menarik minat orang untuk membeli dan menggunakannya, hewan-hewan laut ini juga sebagai pengingat siapa yang akan dikorbankan jika kita terus-terusan belanja dengan kantong plastik. Selain itu, Tasini juga diproduksi dari bahan plastik daur ulang. Semakin banyak Tasini yang bisa diproduksi, semakin banyak plastik yang tidak kembali ke alam dan menjadi sampah. Diperkirakan, satu produk Tasini dapat mengurangi penggunaan 400 kantong plastik.

Satu produk Tasini dapat mengurangi penggunaan 400 kantong plastik.

Agar dapat diproduksi dari bahan plastik daur ulang, Tasini harus diproduksi dalam jumlah besar. Saat ini tim Tasini sedang melakukan kampanye penggalangan dana untuk membantu terwujudnya ide hebat ini melalui portal https://www.indiegogo.com/projects/tasini-the-key-to-break-the-plastic-bag-habit-animals-design. Kampanye juga digalakkan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kantong plastik untuk alam. Dana dari kampanye ini juga akan membantu agar produk Tasini dapat dijual dengan harga murah sehingga bisa dijangkau lebih banyak orang. Oh ya, jika berpartisipasi dalam penggalangan dana ini kita akan dapat souvenir produk Tasini yang lucu dan anti-lupa.

Nah, kita bisa berpartisipasi mulai dari penggalangan dana ini. Sambil menunggu produk Tasini bisa dibeli, biasakan sediakan kantong belanja pribadi yang selalu dibawa. Kalau hanya belanja satu atau dua item, bisa kok tanpa kantong plastik. Stop alasan lupa, mari cari solusi dan inovasi.