YouthDev 2017

Apa itu YouthDev?

YouthDev adalah sebuah platform inkubasi dan kolaborasi bentukan Youth Corps Indonesia yang ditujukan sebagai wadah untuk pemuda mentransformasikan ide mereka menjadi solusi nyata di lapangan.

Setelah sukses mengadakan konferensi pemuda di tahun 2016, tahun ini YouthDev kembali hadir dengan mengusung tema "Empowering the Nation's Potential" dengan dua kategori isu yaitu peningkatan kesejahteraan ekonomi pada komunitas masyarakat Indonesia dan peningkatan partisipasi komunitas masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Empowering the Nation's Potential

Dalam laporan 'Indonesian Youth in the 21st Century' yang dipublikasikan oleh UNFPA (2014), dicantumkan bahwa peluang ekonomi dan kehidupan kewarganegaraan adalah dua dari beberapa isu yang dihadapi dan menjadi perhatian pemuda Indonesia.

Rangkaian Acara YouthDev 2017

1. Peserta menyusun proposal rencana proyek yang mampu menjadi solusi terhadap salah satu isu YouthDev 2017

2. Peserta yang lolos tahap seleksi proposal akan menjalani tahapan workshop di Jakarta dengan para pakar untuk mematangkan solusi

3. Peserta akan diminta untuk menjalankan prototype proyeknya selama 1 bulan setelah workshop

4. Peserta akan diminta mempresentasikan hasil proyeknya dengan pemangku kepentingan terkait. Small Grant juga diberikan kepada peserta yang memiliki performa terbaik selama keseluruhan proses YouthDev 2017

Topik YouthDev 2017

PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI PADA KOMUNITAS MASYARAKAT DI INDONESIA

Masalah akses peluang ekonomi yang muncul berkaitan erat dengan pendidikan dan kemisikinan di Indonesia. Angka kemiskinan di indonesia per september 2016 adalah 10.7% (BPS, 2016). Artinya, masih ada 22,76% juta masyarakat Indonesia dengan pengeluaran per kapita perbulan yang berada di bawah garis kemiskinan. Berkenaan dengan pendidikan, BPS melansirkan bahwa mayoritas tenaga kerja Indonesia justru berpendidikan SD ke bawah. Memang kebanyakan masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan biasanya pergi ke kota terdekat atau kota yang dianggap palint tepat untuk mencari pendidikan yang lebih baik -jika mereka mampu, agar dapat mencari pekerjaan yang lebih baik. Tetapi, berapa banyak dari masyarakat yang mampu mengakses pendidikan yang lebih baik?

Peluang kerja tradisional yang tersedia seperti pertanian dan budidaya lahan tidak dilihat oleh kaum muda sebagai mata pencaharian dengan penghasilan yang layak. Pada akhirnya, mereka memilih meninggalkan daerahnya dan mengadu nasib di kota besar sehingga ada potensi daerah yang belum teroptimalkan. Sementara itu, tidak semua pemuda mendapatkan pekerjaan. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) BPS (2017) menyatakan bahwa sebanyak 5.33% penduduk yang berusia produktif memiliki status pengganguran di Indonesia.

Sebagai pemuda, apa yang bisa kamu lakukan untuk hal ini? Apa ide yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi didaerah/komunitas?

PENINGKATAN PARTISIPASI KOMUNITAS MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Pemuda Indonesia belum sepenuhnya menyadari, mengetahui dan/atau memanfaatkan hak dan tanggung jawab dasar sebagai warga negara Indonesia. Kombinasi antara pendidikan kewarganegaraan, skeptisme tentang peran dan pentingnya partisipasi pemuda, serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kebijakan negara pada dasarnya berkontribusi terhadap tingkat partisipasi masyarakat (UN & UNFPA, 2014)

Melihat pemuda dengan potensinya yang signifkan untuk menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi bagi dirinya sendiri dan orang lain, tentunya banyak hal bisa dilakukan. Hal ini tidak hanya dalam konteks Pemilu, tetapi juga dalam upaya meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagi warga negara. 

Sebagai pemuda, isu apa yang kamu lihat tepat untuk diatasi dan proyek apa yang bisa kamu usulkan untuk hal tersebut?

Syarat Pendaftaran

1. Pengumpulan proposal rencana proyek (selanjutnya akan ditulis proposal) dan laporan proyek (untuk konferensi) diatur dan dipublikasikan oleh panitia YouthDev 2017

2. Pengumpulan proposal dimulai dari 3 Juni hingga 7 Juli 2017 pukul 23.59 via email ke submission.youthdev@youthcorpsindonesia.or.id

3. Proposal harus ditulis menggunakan Bahasa Indonesia, diketik pada kertas A4 dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Times New Roman 12pt. Dengan spasi 1.5
  • Proposal maksimum sebanyak 12 halaman (terdiri dari pendahuluan dan metodologi atau desain proyek)
  • Margin kiri 4cm, margin kanan 3cm, margin atas 3 cm, dan margin bawah 3cm
  • Nomor halaman wajib dicantumkan
  • Catatan kaki harus sesuai dengan format APA (American Physochological Association)
  • Proposal wajib dikumpulkan dalam format PDF

4. Proposal yang telah dikumpulkan peserta bersifat final dan tidak dapat diubah kembali setelah pengumpulan.

5. Ketentuan penilaian sebagai berikut:

  • Penyusunan ide (15%)
  • Kreativitas dan argumen (30%)
  • Rasionalitas implementaasi dan orisinalitas (25%)
  • Penjelasan situasi dan latar belakang (25%)
  • Penggunaan bahasa dan format penulisan (5%)

Kilas Balik: #YouthDev 2016

Forum Multi-pihak membahas pemuda dan pembangunan di Indonesia

"Konferensi yang mempertemukan pemuda dengan pemerintah, sektor privat, dan NGO untuk berdiskusi mencari solusi untuk memecahkan tantangan pembangunan."


Read More:

YouthDev Summit 2016 Memanggil Pemuda Indonesia untuk Berkontribusi dalam Pembangunan Berkelanjutan more

Youth Corps Indonesia kumpulkan +1000 pemuda untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan more